Dengan Nama Allah, Maha Pengasih, Maha Penyayang.Demi waktu,Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi.Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.( QS. Al-Ashr )

Minggu, 27 Maret 2011

Sejarah IsVo (Islamic Voice)

0 komentar
Sejarah IsVo (Islamic Voice)

IsVo adalah sebuah nasyid yang berasal dari SMAN 37 Jakarta, yang diwadahi oleh Rohis37. Awal mula terbentuk nasyid yaitu sebagai hiburan ala Islami. Hiburan lewat musik namun isinya sarat dengan makna dan nasihat. IsVo beraliran Acapella (suara dari mulut tanpa alat musik). Sementara banyak Tim Nasyid lain yang menggunakan alat-alat, seperti Raihan, Opick, dll. Namun ada juga yang menggunakan alat yang seadanya seperti mulut yang diberikan oleh Allah SWT. Awal pembentukan nasyid 37 yaitu ketika tahun 2009, ketika itu akan dilaksanakan acara buka puasa bersama pada tahun 2009 silam. Waktu itu pembentukan dadakan tim nasyid 37. Terbentuk secara tidak sengaja beberapa jam sebelum acara. Dan baru latihan setengah jam sebelum acara. Pada waktu itu kami bingung memberi nama Tim Nasyid kami, ada beberapa pilihan, yaitu SENDAL (Senandung Nasyid Al-Amin), SENAPAN (Senandung Nasyid Pas-Pas-a), atau SENADA (Senandung Nasyid Dadakan). Dan akhirnya kami beri nama “SENDAL” Senandung Nasyid Al-Amin. Alhamdulillah sangat menghibur penonton. Memang terkesan kocak namun asyik. :)

Pada acara selanjutnya, kami mengisi di acara demo Ekskul Juli 2009 untuk menarik peserta didik baru masuk ke dalam Rohis. Dan selanjutnya tampil pada acara Do’a bersama Kelas 3 pada bulan April 2010. Pada waktu itu personilnya adalah Taufiq, Ridha, Azzam, Moslem (Alumni 2010), Abu, dan Fadly. Sangat antusias penonton bersorak sorai gembira. Saat membawakan nasyid “Sholatuwassalam”, lagu Michael Jackson “You are not alone” dengan editan menjadi nasyid.

Dan ketika menjelang acara kajian Bulanan Rohis yang pertama kali pada angkatannya Abu (Rohis 2009-2010), kami tampil disana dengan formasi baru. Angga, Abu, Fadly, Dennis, dan Zubair. Namun itu hanya berlangsung sementara.

Kini semenjak Demo Ekskul Juli 2010, kami menetapkan personil tetap, yang terdiri dari Noval (Lead Vocal), Dani (Bariton), Achyar (Tenor), Fadly (Tenor/Treble), Dennis (Bass), dan Abu (Perkusi/BitBox).

Semenjak itu kami memberi nama “IsVo, Islamic Voice” yang berarti Suara Islami. Kami tampil pertama kali pada saat demo ekskul 2010. Dan selanjutnya kami tampil pada acara OPERA “Open House Rohis” 2010. Next, kami tampil pula pada acara Buka Bersama Di SMA 37. Dengan membawakan lagu “Sholatuwassalam

Pada saat acara penyambutan bulan suci Ramadhan, IsVo tampil pula dengan membawakan nasyid berjudul T4(Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir)-Tashiru, Senandung Rindu-Justice Voice, dan lagu andalan Sholatuwassalam.

Suatu ketika kami dihubungi dari sebuah kantor di daerah Kuningan, dekat dengan 21 Kuningan. Alhamdulillah kami berkesampatan mengisi di acara tersebut dengan rencana membawakan lagu Sholatuwassalam, dan Demi Masa (acapella). Alhamdulillah perform kami sangat menghibur para karyawan dan para atasan perusahaan tersebut.

Selanjutnya kami diminta untuk tampil pada acara Halal Bi Halal Guru dan Karyawan SMAN 37 Jakarta. Disini kami membawakan lagi Kasih Putih, Demi Masa, dan Sholatuwassalam. Alhamdulillah lancar pula. Sebelumnya, pada Ramadhan 2010 kami sempat mengikuti lomba yang diadakan dari “PocariSweet”. Dan Alhamdulillah kami memperoleh juara harapan satu dan mendapat uang tunai sebesar 1,5jt. Setelah itu kami berniat untuk membeli sebuah seragam untuk Tim. Dan kami pakai pada acara Halal Bi Halal.

Pada saat acara PENSI 37 yang diadakan OSIS, kami juga turut berpartisipasi menyumbang dua buah lagu yang berjudul Kasih Putih (namun versi BitBox), dan You Are Not Alone dengan beberapa bahasa, yaitu Inggris, Jepang, Indonesia, dll. Dan subhanallah penonton pun antusias mendengarkan suara kami yang sumbang ini. Karena suaranya memang sumbangan.

Dan pada penampilan berikutnya yaitu ketika acara Maulid Nabi Muhammad SAW 2011. Disini kami membawakan lagu baru berjudul Neo Sholawat dengan beberapa bahasa pula. Yaitu Arab, Inggris, Indonesia, Cina, Sunda, Jawa, dan Minang. Namun sayang sekali terdapat beberapa gangguan teknis dari segi Sound system. Pada ssat pertengahan lagu, seketika Sound Systemnya mati total. Tapi tidak mengapa, yang penting kami dapat menghibur penonton dengan lantunan lirik Islami. Karena tujuan kami adalah berdakwah melalui lirik yang sarat dengan makna dan nasihat.

Selanjutnya akan dibentuk Isvo Generasi Dua. Siapa Selanjutnya...?

0 komentar:

Posting Komentar

PANDANGAN MATA

Pandangan Mata Selalu Menipu
Pandangan Akal Selalu Tersalah
Pandang Nafsu Selalu Melulu
Pandang Hati Itu Yang Hakiki
Kalau Hati Itu Bersih

Hati Kalau Terlalu Bersih
Pikirannya Akan Menembus Hijab
Hati Jika Sudah Bersih
Firasatnya Tepat Karena Allah
Tapi Hati Bila Dikotori
Bisikannya Bukan Lagi Kebenaran

Hati Tempat Jatuhnya Pandangan Allah
Jasad Lahir Tumpuan Manusia

Utamakanlah Pandangan Allah
Daripada Pandangan Manusia